Laman

Selasa, 03 Februari 2015

Resensi novel Marmut Merah Jambu



A.    IDENTITAS BUKU
Judul buku      : Marmut Merah Jambu
Jenis buku       : Nonfiksi-Komedi
Penulis             : Raditya Dika
Penerbit           : Bukuné
Tanggal terbit : Juni 2010
Tebal buku      : 222 halaman (13cm x 20 cm)
Harga buku     : Rp39.500,00


B.     KEPENGARANGAN
Raditya Dika adalah seorang penulis yang telah terkenal dengan buku – bukunya yang bertema komedi. Mahasiswa lulusan Adelaide University ini meluncurkan buku kelimanya yang berjudul Marmut Merah Jambu.Proses pembuatan buku yang berjudul Marmut Merah Jambu menghabiskan waktu hampir dua tahun. Buku Marmut Merah Jambu menceritakan kisah percintaan dan pengalaman di kehidupan Raditya Dika.

C.     SINOPSIS BUKU
Marmut merah jambu adalah kumpulan tulisan komedi yang ditulis oleh Raditya Dika.Semua isi cerita bersumber dari pengalaman cinta Dhika.Ada juga yang bersumber dari orang-orang terdekat Dhika.Buku ini membuat kita berpikir bahwa kita adalah makhluk yang tidak sempurna yang tidak bisa melakukan segala-galanya.Kisah Cinta Dhika yang selalu gagal membuat kita berpikir untuk bisa lebih sabar dan tenang serta bersikap dewasa  kepada pasangan.
            Cerita pada buku ini dimulai dari cara Dhika mengartikan cinta yang sebenarnya.Dimulai dari SD sampai kuliah,Dhika selalu berjalan menelusuri Cinta yang tidak ada ujungnya.Buku ini juga mengisahkan tentang jatuh cinta,putus cinta, persahabatan,dari happy ending sampai berubah menjadi bad ending.
Tidak hanya cinta,kasih sayang dalam keluarga juga diceritakan dalam buku ini.Permasalahan yang muncul adalah saat Edgar akan disunat.Kekompakan dan kekerabatan di dalam keluarga sangat terasa di dalamnya.Mulai dari Mama Dhika yang selalu pusing memikirkan Edgar sampai support dan semangat yang diberikan oleh sahabat,teman-teman dan keluarga kepada Edgar pada saat akan sunatan.
Sampai akhir cerita,banyak sekali permasalahan yang muncul di kehidupan dan pengalaman Dhika.Dia pun merasa seperti marmut yang selalu mencari makan sampai dia meras puas dengan makanannya.

D.    KEUNGGULAN dan KEKURANGAN BUKU
Keunggulan buku ini adalah :
1.      Bahasa yang digunakan adalah bahasa sehari-hari dan itu mudah dipahami.
2.      Alurnya mudah dimengerti.
3.      Buku Marmut Merah Jambu memberikan kesenangan bagi pembacanya, karena buku ini adalah buku komedi.
4.      Jika terdapat kata-kata sulit,penulis menjelskan di bagian catatan kaki buku.
5.      Isi buku sangat sesuai dengan kehidupan remaja pasa saat ini,sehingga membuat remaja(pembaca) tidak bosan dan mendapatkan banyak pelajaran dari buku tersebut.

Kekurangan buku ini adalah :
1.      Adanya kalimat yang sumbang dalam beberapa bab.
2.      Adanya paragraf yang tidak selesai, sehingga baru bisa di pahami setelah membaca beberapa kali.
3.      Tidak ada koherensi antar bab
4.      Banyak sekali permasalahan yang muncul

E.     KESIMPULAN
Menurut kami buku ini sangat cocok untuk anak remaja yang haus akan bacaan yang mengandung unsur komedi, karena sebagian besar buku ini merupakan lelucon. Selain itu buku ini juga menceritakan kisah cinta sang penulis dan itu bisa membuat pembaca menjadi tertarik dengan buku ini. Bahasa yang digunakan mudah dipahami karena menggunakan bahasa sehari-hari, harganya juga tidak terlalu tinggi serta alur yang digunakan juga mudah dimengerti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar